Banner

Breaking News

Jaga Kelestarian Batik, Upaya Mencintai Warisan Nusantara


Barito Hakim Putra sedang membatik

Di Hari Batik Nasional 2018, Ketua Komunitas Batik Bekasi (Kombas) Barito Hakim Putra mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan batik. Sebab hal itu merupakan salah satu bentuk ungkapan cinta pada seni dan budaya nusantara.

Menurutnya, batik menjadi simbol dari berbagai daerah di Indonesia. Warisan kreativitas membatik diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang di Nusantara.

"Masing-masing daerah memiliki ciri khas yang berbeda. Karenanya, PBB melalui UNESCO sejak 2 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan nonbendawi," jelas Bang Ito, demikian ia akrab disapa, kepada Redaksi Media NU Kota Bekasi, pada Selasa (2/10).

Ia menyebutkan, batik di Bekasi bernama Batik Patriot. Motifnya sangat khas dengan budaya yang ada. Baginya, menjaga dan melestarikan batik lokal adalah bentuk mencintai daerah tempat ia tinggal.

"Dengan membatik, itulah wujud saya mencintai Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan. Karenanya, keragaman batik yang menjadi identitas daerah yang telah dimiliki Kota Bekasi ini harus kita jaga kelestariannya," tegas salah seorang Alumni PMII Kota Bekasi ini. (Aru Elgete)

Tidak ada komentar