Banner

Breaking News

JQH NU Kota Bekasi Siap Kolaborasi Program 6000 Hafidz





Pengurus Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kota Bekasi dilantik. Di ruang Multazam Islamic Centre Bekasi, Ahad, 14 Oktober 2018. Sosok yang dipercaya menahkodai JQH Kota Bekasi adalah KH Samhudi Abdul Gani. Ia dilantik langsung oleh Ketua JQHNU Jawa Barat KH Cecep Abdullah Syahid.

Dalam sambutannya, Kiai Cecep menerangkan sejarah JQHNU. Kata dia, JQHNU berdiri pada era KH Abdul Wahid Hasyim menjabat Menteri Agama pada 1950. Bertepatan dengan 17 Ramadan 1370 Hijriyah. Di antara tokoh pertamanya: KH Abu Bakar Aceh, KH Nazaruddin Latif, dan KH Wahab Hasbullah.

Kelahiran JQHNU juga dilatarbelakangi banyaknya organisasi qurra dan huffazh di pelbagai daerah. Seperti Jam'iyyatul Huffazh di Kudus, Nahdlatul Qurra’ di Jombang, Wihdatul Qurra’ di Sulawesi Selatan, Persatuan Pelajar Ilmu Qira’atul Qur’an di Banjarmasin, Madrasatul Qur’an di Palembang, dan Jam`iyyatul Qurra’ di Medan. 

“Maka agar organisasi kedaerahan tersebut terkoordinir dengan baik, maka dibentuklah JQHNU,” kata Kiai Cecep. 

Ketua PCNU Kota Bekasi KH Zamakhsyari Abdul Majid berpesan kepada pengurus JQHNU Kota Bekasi untuk tidak hanya semangat saat dilantik, tetapi juga saat mengurus organisasi. Kiai yang juga juri MTQ Nasional ini menyoroti prestasi kontingen Jabar saat MTQ Nasional ke-27 di Medan beberapa waktu lalu.

“Kemarin Jabar ranking 6. Berarti naik 4 tingkat. Alhamdulillah, lumayan. Tapi dari 11 finalis, yang juara 1 hanya dari bidang Tafsir Bahasa Inggris. Ini pekerjaan rumah buat kita semua, khususnya JQHNU Kota Bekasi,” ungkapnya.

Kiai Zamakhsyari ingin agar program kerja JQHNU Kota Bekasi terintegrasi dengan program keagamaan Pemprov Jabar. Yang paling utama adalah program 6000 hafidz di Jawa Barat. 1 hafidz di setiap desa/kelurahan. Plus program lainnya laiknya magrib mengaji, dan subuh berjamaah. 

“JQHNU Kota Bekasi harus bisa melahirkan qari-qariah dan hafidz-hafidzah yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama Kota Bekasi dan Jawa Barat,” tukasnya. (Syamsul Badri Islamy)

Tidak ada komentar